Jumat, 20 Maret 2009

to much bahsa daerah...to much salah paham

hoaaaaaammmm....
pagi2 msh bau jigong nyempet2in ngeblog dlu aaaahhh...hihihiihi

sblum cerita,gw pngen komentar sedikit tentang acara "be a man angkatan dua" yg ada di global tv. tw kan "be a man"? itu loh...acara yg ngedidik banci2 dgn cr militer. td mlm gw sempet nonton be a man angkatan dua. dan alhasil gw ngakak ampe salto delapan kali...sumpah, pesertanya kocak2 bgt...ada yg mirip tukang jagal,ada yg badannya gede bgt kyk kulkas 2 pintu,ada yg mirip bgt sm cewe,dan ada jg yg bulu keteknya blm dicukur sehingga bulunya menjuntai kemana-mana dgn liarnya (beneran,di be a man gw ngliat ada banci yg lg lari2 sambil memamerkan bulu keteknya yg lebat kyk akar serabut. gw saranin tu org nyukur bulu keteknya pake celurit).
kocak bgt ngliat mereka wkt pagi2 buta lari2an kyk celeng lepas. ada yg msh pke rol rambut,ada yg msh pke bj tidur linjeri,ada yg bawa boneka miki mos sgala,pokoknya macem2 deh.

ada yg tertarik utk ikut acara ini?silahkan deh boo

oke back to topic...

jd beberapa hr yg lalu gw sm nana mampir ke tukang fto kopi bwt moto kopi soal ujian. awalnya smua berjalan dgn normal. si abang tukang foto kopi ngomong dgn logat sunda,

tukang fotokopi: hayang fotokopi sabaraha, neng? (artinya,mau fotokopi brp bnyk mba)
nana: apa bang?
Gw: kata abangnya, lo mo fotokopi brp bnyk
nana: Ooh...tiga lembar aja bang

beberapa menit kmudian si abng tukang fotokopi slsai moto kopiin tugas kita.

"brp bang?" tanya nana
"genep ratus" jawab si abang
(lima ratus)
"apaan tu de artinya?"tanya nana ke gw
"lima ratus.udh buruan ksh duitnya" kt gw
nana ngasih uang logaman lima ratus ke si abang fotokopi.
"hatur nuhun" kt si abang
(terima kasih)

muncul sedikit ide jail di otak gw.gw blg ke nana,
"na, blg ke abangnya, heunceut" kt gw sambil bisik2 ke nana
"artinya apaan de?" tanya nana
"artinya,makasih kembali" jawab gw

Gw kira nana ga bakalan nglakuin apa yg gw suruh,tp ternyata dgn bodohnya dan dgn suara yg sgt lantang,nana teriak ke si abang tukang fotokopi,

"HEUNCEUT, bang!!"

gw langsung ngakak ga berenti2. si abang bengong ngedenger kt2 itu dr nana.
nana cmn masang tampang bego.
"knp sih?kok ketawa?" nana heran
"lo tw ga arti heunceut?" tanya gw msh ketawa
"engga"
"heunceut itu artinya titit...dongo!"
"HAAAAAAAHH....brati td gw blg titit dong ke si abang?!"


ada crita lain lg.
wkt gw msh SMP,kt2 "pantela gadang" spertinya familiar bgt dikuping gw krn dlu ank2 cwo di SMP gw sk bgt neriakin kt2 "pantela gadang".tp gw ga tw apa arti pantela gadang,gw cm tw itu bahasa padang.
smpe akhirnya saat udh kuliah gw pny tmen org padang.gw tanya ke dia.

gw: des, pantela gadang artinya apaan sih?
desi: (menjawab dgn sgt yakin) artinya pantai yg besar

semenjak saat itu gw tw bahwa pantela gadang itu artinya pantai yg besar,dan sejak saat itu pula gw tw klo pantela gadang ga ada hubungannya sm jam gadang.

seiring jlnnya wkt,gw pun kenalan sm seorang cwo.dia org asli padang,mahasiswa rantau gt.ya sebut aja namanya rusli (nama disamarin).
suatu hr gw du2k disamping lapangan smbil nonton pertandingan futsal,dan kbetulan gw du2k disamping si rusli. dia sibuk ngemeng2 bhs padang sm 2 cwo yg ada disampingnya. gw berasumsi mreka berasal dr daerah yg sm...padang.
entah kesambet jin iprit mn,tiba2 gw teriak ke rusli dan 2 tmen padangnya,

"PANTELA GADANG...PANTELA GADANG!".

sekali lg gw teriak dgn sgt meyakinkan,

"PANTELA GADANG...PANTELA GADANG!!"

rusli sm temen2nya langsung diem dan ngliatin gw dgn pandangan aneh..seakan-akan gw adalah onta berkepala babi...atau babi berkepala onta.
gw mulai ngerasa ada yg ga beres...tp apa?

"knp pd bengong?"tanya gw heran
"lo td teriak apaan?"tanya rusli
"pantela gadang" jwb gw polos
"emangnya lo tw arti pantela gadang?"
"ng..pantai yg besar kan?"
"eh dongo...pantela gadang tuh artinya m***k besar!!"

TIDAAAAAAAAAAAAAKKKK!!!!!!!!!
GONDOK BEJEJER!!!!!!!!
KOMPOR MELEDUG!!!!!

selama bertahun-tahun gw ga tw arti pantela gadang dan br skrg gw tw knyataannya...skrg gw br tw kenyataannya bahwa pantela gadang artinya bukan pantai yg besar, melainkan M***K BESAR!!!.
hik hiks...malu bgt teriak2 pantela gadang dgn semangatnya...

T_T

Os











Na



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar