Rabu, 26 Agustus 2009

sunshine after the rain

klo ada org yg nanya ke gw, "menurut lo,apa sih arti persahabatan?", jujur gw ga tau bagaimana hrs mendefinisikan arti sahabat.yg gw tw,sahabat adalah org yg hrs selalu bersedia kita utangin dikala kita lagi boke...hehehe.

wkt msh SMP,gw pny tmn dkt,namanya amanda.orgnya sipit gt kyk org cina.tp dia bkn org cina,dia asli palembang.pantes aja mukanya mirip mpe2...hahaha.

kmn2 kita bdua slalu bareng.jalan bareng,makan bareng,belajar bareng,cuma boker aja yg ga bareng2.krn kita sering jln bdua kmana2, tmn2 gw sering ngatain, "lo bdua deketan mulu,kayak pantat".
wooow...ga ada pantat yg secakep gw.

selama 3 thn tmnan sm amanda,gw ngerasa cocok bgt.omongan kita jg nyambung.malahan cowok yg kita taksir jg sm.tp kita ga sampe bacok2an gara2 ngerebutin tu cowo.

stelah lulus dr SMP dgn kecupuan yg amat sangat,akhirnya gw msk SMA 82.salah satu SMA unggulan saat itu.dan yg lucunya adalah,gw satu sekolah lg sm amanda.ternyata dia jg msk SMA 82.alhasil pertemanan gw sm amanda berlanjut sampe 6 thn.

di SMA inilah gw jd lbh dkt sm amanda.
bnyk bgt hal2 tolol yg kita alamin selama SMA.mulai dr hunting foto di musium fatahilah di (eskul kita jg sama,fotografi),kabur dr cafe yg harganya amat sangat mahal (menurut yg gw inget,aer putih aja harganya sekitar 20 rebuan),nyomblangin amanda sm ank kls 3,sampe begadang semalaeman sambil nonton dvd hanayori dango.pokoknya byk deh.

sehabis gw dinyatakan lulus UAN dgn nilai yg (sepertinya) memuaskan,gw daftar di UI.ya,taulah.semua ank SMA yg br lu2s pasti pada berlomba2 utk msk universitas ternama ini.begitu jg gw...dan begitu jg amanda.lagi2 kita berdua daftar di tempat yg sama.tp kali ini kyknya kita berdua bakalan bener2 pisah.karena ga mudah msk UI.salah satu dr kita pasti ada yg ga keterima.begitulah feeling gw saat itu.

yah...gw agak sedih jg sih klo inget hal ini.kita berdua bakalan ada di kampus yg berbeda.seiring jlnnya wkt,gw pasti bakal ilang kontak sm amanda,dan gw akhirnya kehilangan tmen terbaik gw selama 6 thn.hu hu hu...METAL abis gw...alias MElow toTAL.

pas hr pengumuman SPMB,gw menerima sebuah keajaiban lg.
ternyata...
ternyata....
ternyata gw sama amanda keterima di UI.malahan gw sama dia sama2 keterima di fakultas yg sama,fakultas FIB.
waaaw...ini sebuah kebetulan yg cukup aneh.SMP kita bareng,SMA kebetulan kita bareng lg,dan kuliah ternyata kita bareng lg.ini keajaiban alam.aku mempercayainya

kali ini gw sm amanda mutusin utk ngekos bareng.sebenernya ada satu hal yg gw takutin.klo tmn2 gw tw gw ngekos sm amanda,jgn2 gw disangngka kumpul kebo sm dia.
ogah bgt dah.gw msh sk sm org yg kencingnya berdiri...hehehe.

krn kita berdua 1 kosan,dan krn kita kuliah di fakultas yg sama,gw pun semakin dkt sm amanda.segala hal gw ceritain ke dia.begitu pun sebaliknya.
gw cerita tentang keluarga gw,masalah2 gw di kampus,sampe masalah muka gw yg ga kunjung2 jd cantik.

ada satu kejadian yg gw inget bgt.
jd wkt itu tmnnya mirna(temen sekosan gw jg) yg namanya Harsya,nitip tas di kamer kosan gw. kebetulan di kamar cm ada gw sama amanda.
karena ga ada kerjaan,sifat liar gw sm amanda pun keluar.bukan,sifat liar yg dimaksud bukan joget2 sambil direkam video dan bilang, "buat temen2 SD gw...MAKAN NIH!!".

kita berdua meriksain isi tasnya Harsya.pas lg ngubek2 tu tas,tiba2 gw nemuin dua buah benda berwarna abu2...berbentuk segitiga...bisa buat bekep orang...ya,benda itu bernama KOLOR.

gue berfikir,apa yg bisa gw lakukan dgn kolor ini.ada 3 kegunaan

1. bisa dijadiin topi ulang taun
2. bisa di jadiin lap kalo tiba2 amanda ngiler
3. klo ada maling,bisa buat ngebekep tu maling. dijamin dia bakal langsung semaput

Akhirnya gw pake aja tu kolor abu2.dan gw br tw, kolor abu2 itu ternyata mecing bgt dgn muka gw yg mirip agelina jolie ini...hehehhe.

Amanda: sini,de,gw foto!
gw: *berpose ala model majalah playboy edisi flora dan fauna*

jeprat...jepret! amanda dgn asiknya mpoto gw dgn kolor abu2 yg indah itu.
klo fotonya tersebar ke masyarakat banyak,bisa ngalahin poto panasnya Sarah Azhari tuh.

besoknya,mirna nannya ke gw sama amanda

mirna: masa tadi harsya nanya gini ke gw, "mir,kemaren tas gw diapa-apain ga?soalnya susunan baju di dalem tasnya berubah gitu"
gw+amanda: *nahan ketawa*

msh bnyk hal ajaib yg gw lakuin sama amanda.misalnya ngisengin jemuran penghuni kamar sebelah,bikin ribut,mukulin kepala ibu kos pake linggis (ga deng,yg ini boong).

Selain itu,gw sama amanda jg pny kebiasaan nongkorong di depan pintu kamar kosan sambil curhat on the spot.anehnya,setiap hr rabu,salah satu dr kita pasti selalu ada permasalahan,dan permasalahannya pasti selalu berhubungan dgn cinta.alhasil setiap mlm rabu kita selalu curhat.gw sendiri ga tw knp mesti hr rabu.katanya amanda, 'rabu' dlm bahasa jepang artinya cinta.jadi,pas bgt kan.

Sampe akhirnya suatu hr,saat gw udh menginjak semester 3,saat gw lg cerita2 sambil ketawa sm amanda di kamar,gw nemuin foto sm pasport di tasnya.saat itu gw berasumsi,mgkin dia mo jd TKI ke arab.

usut punya usut,gw pun bertanya ke amanda

ade: man,kok di tas lo ada pasport sih?
amanda: pasport?
ade:iya,pasport?buat apaan?ga mungkin kan buat ngulek sambel?
amanda: mmmm...itu...
gw: ....
amanda: gw...mau pindah, de
gw: pindah kmn?
amanda: ke malaysia.gw mau pindah kuliah ke malaysia

tentu aja gw kaget denger hal ini.gw ngerasa kyk disamber petir di siang bolong,abis itu disambit batu bata,abis itu kejatohan tangga.

ketakitan gw selama ini akhirnya terjadi jg.temen yg selama 7 thn selalu ada bwt gw,ternyata hrs pergi jauh.ga kebeyang bgt.segala hal udh gw curhatin ke dia,ibaratnya dia tong sampah gw.

dulu, amanda emang pernag bilang ke gw ko dia pengen bgt kuliah di malaysia.soalnya saudaranya jg kuliah di sana.dan kata saudaranya,kuliah di sana enak banget.tp saat itu gw kira itu cm angan2nnya doang.

amanda: ko diem, de?
gw: brp lama kuliah disana?
amanda: 4 thn
gw: terus,kapan berangkat?
amanda: senen besok

hr senin pun tiba,hr keberangkatan amanda.gw bela2in ga kuliah bwt nganter amanda ke bandara.pendek cerita,kira2 begini adegan wkt amanda mau pergi:

amanda cipika cipiki sm temen2nya.selesai cipika cipiki,amanda ngampirin gw.dlm hati gw terus bergumam, "jangan nangis...jangan nangis!!". lalu dia meluk gw perlahan.ternyata pelukan itu bikin gw bener2 ga bisa nahan rasa pengen nangis gw. air mata yg dr td gw tahan,akhirnya keluar jg.gw nangis di pelukannya amanda.seketika gw teringat saat gw ngegosip bareng dia,saat hunting foto di kota tua,saat dia ngepel kosan,saat dia nyuciin baju gw (temen atow pembokat tu?!)

napas gw jd terasa sesak.rasanya susah bgt cm utk blg, "dadah,manda.jgn lupain gw ya di sana". kalimat itu seakan susaaaaah bgt keluar dr mulut gw.
akhirnya gw tw,begini rasanya ditinggalin org yg kita sayangin.

amanda nyium pipi kanan sama pipi kiri gw,dan itu bikin gw semakin nangis terisak-isak.

gw: kolo ada apa2 di sana,langsung tlp gw aja
amanda: *matanya merah.keliatan berusaha nahan nagis* iya

sekitar jm 9 mlm,gw udh nyampe depok lagi.dgn langkah lunglai, gw jln ke kosan.gw jln sendirian menyusuri gang sawo yg gelap.di sepanjang jln sawo,gw teringat lg sm amanda.semua kenangan indah terlintas lg dlm kepala gw...gw inget saat pertama kali ngekos sama amanda...gw inget saat saat ketawa ketiwi bareng amanda di kamar kosan...inget saat kita makan nasi goreng di seberang jln...inget saat saat maen kartu sampe jm 4 pagi...semua kenangan indah...semuanya...semuanya...terlintas kembali di kepalaku...bersama hembusan angin malam yg seakan bilang, "kaciaaan deh lo...".

seminggu setelah kepergian amanda,gw msh ngerasa down bgt.tidur ga enak...kuliah ga enak...minum ga enak...makan ga enak,kecuali klo ditraktir.

tp bbrp minggu setelah itu,gw nemuin sesuatu yg bisa ngobatin gw...sesuatu yg bs bikin gw lupa sm amanda...sesuatu yg bs bikin gw ketawa setiap saat...yaitu, temen2 useless gw. ajeng,nana,deasy,sm dara.mereka selalu ngibur gw.selalu bikin gw happy.malahan salah satu dr mereka pernah blg ke gw, "persahabatan lo sm amanda ga bakal berhenti cm gara2 dia pindah". bagi gw,itu sedikit kata2 yg cukup memompa semangat gw.

sampe skrg,mereka berempat msh jd pemompa semangat gw.walaupun di depan mereka gw terlihat cuek dan ga pedulian,tp sebenernya gw care bgt sm mereka.
tindakan mereka yg secara ga langsung slalu mensupport gw,ngebuat gw jd semangat.

dan sekarang,akhirnya gw mengerti arti persahabatan.

thx 4 all,useless

you are my sunshine after the rain








useless,thx ya,kalian baek bgt sm gw...bagi goceng dong (loh?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar